Polda Aceh Gagalkan Peredaran 179 Kg Sabu Jaringan Internasional

waktu baca 1 menit
Senin, 10 Okt 2022 09:41 0 50 Redaksi

BANDA ACEH – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu seberat 179 Kg jaringan internasional di wilayah Aceh Timur.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar mengatakan, pengungkapan narkoba jaringan Indonesia – Malaysia itu merupakan kerjasama dengan Dittipidnarkoba Bareskrim Polri dan Bea Cukai.

“Barang bukti ini merupakan hasil pengungkapan di Desa Beusa Seberang Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur dari tersangka berinisial F (31) yang berperan sebagai penjemput barang,” ujar Kapolda dalam konferensi pers, Senin (10/10).

Kasus tersebut terungkap berawal saat kepolisian memperoleh informasi bahwa adanya penyelundupan narkoba di wilayah perairan Aceh Timur pada 5 Oktober 2022.

“Tim melakukan penyisiran dengan kapal nelayan ke sungai Kuala Leuge namun tidak berhasil akibat cuaca,” jelasnya.

Kemudian pada 6 Oktober, tim gabungan mendapatkan informasi bahwa jaringan pelaku sudah memindahkan narkotika jenis sabu dalam jumlah besar tersebut ke dalam mobil dan motor. “Lalu dilakukan pengejaran hingga berhasil ditangkap di Desa Beusa Seberang, Kecamatan Peureulak,” jelasnya.

Dalam penangkapan itu, tim gabungan menemukan barang bukti sabu dalam empat buah karung goni yang dibawa menggunakan mobil jenis Toyota Avanza.

“Atas perbuatannya, tersangka dijerat UU Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara atau pidana seumur hidup dan maksimal hukuman mati,” pungkas Kapolda. (Risky)